Ada Apa di Hari Pertama Sekolah?

Ada Apa di Hari Pertama Sekolah?

Ada Apa di Hari Pertama Sekolah

 Tega adalah kata yang terdiri dari dua suku kata dan maknanya kurang enak jika sifat tega menempel pada diri seseorang, namun tidak kalah pentingnya kadang sifat tega harus diterapkan pada kondisi tertentu. Pembaca yang budiman diawal tahun pelajaran sekolah setiap orang tua  yang memiliki putra putri jenjang TK , SD dan anak anak yang belajar di pesantren harus tega untuk meninggalkan putra putrinya demi belajar kemandirian. Belum lama ini kita semua menyaksikan hiruk pikuk orang tua murid  siswa baru, di hari pertama masuk sekolah. Sekolah tampak penuh sesak  oleh orang tua dan anak anaknya bahkan tidak kalah ramainya kakek nenekpun menyertai ikut mondar mandir kesana kemari untuk menghantarkan purta putri serta cucu mereka dengan harapan anak anaknya bisa mengikuti kegiatan hari pertama disekolah dengan penuh keceriaan.

Rekan rekan pembaca setia opini pendidikan Koran radar yang baik hati,

barang kali dintara pembaca pada tahun ini memiliki kisah seperti yang penulis buat, yaitu memiliki putra putri yang sedang mengawali masuk sebagai siswa baru.Moment ini akan menjadi kenangan masa yang akan datang buat cerita anak-anak kita . Namun peristiwa ini tidak semua berjalan dengan menyenangkan,  ada pula diantara anak-anak kita yang menangis, tidak mau ditinggal, bahkan tidak sedikit yang menangis histeris. Ayah bunda apa yang kita lakukan jika hal-hal yang tidak menyenangkan itu adalah buah hati kita. Sikap bagaimana yang seharusnya kita lakukan ?  Bapak ibu dan ayah bunda semua pasti yakin tidak ada orang tua yang tega melihat anak kesayangannya, menangis meronta dan sebagainya disaat seperti itu..

Perasaan Jengkel, sedih ingin marah rasanya campur aduk tidak karuan

mestinya jika kita mendapat buah hati kita menangis dan tidak mau ditinggal. Menjawab pertanyaan diatas tentunya banyak sekali  yang jawaban muncul dari setiap orang tua, karena cara pandang dan pemahaman bentuk kasih sayang yang berbeda. Ada kalanya orang tua yang tidak bisa melihat buah hatinya merengek singga dengan serta merta berusaha merangkul dan menuruti segala keinginan anaknya. Ada pula ora tua yang menyerahkan dan mempercayakan buah hatinya pada lembaga yang dia yakini bisa menyelesaikan apa yang terjadi pada anak anaknya. Ada pula tindakan orang tua yang kemudian mengambil peran dan segera membawa buah hatinya yang disertai dengan berbagai lontaran kalimat kejengkelan yang tidak seharusnya itu terucap di depan anak-anak yang menjadi tanggung jawab mereka.

Ayah bunda yang diidolakan oleh anak anak yang tercinta

, diposisi manakah diri kita saat ini dalam menyikapi suasana anak anak dimoment hari pertama masuk sekolah? sikap inilah yang nantinya senantiasa diingat sampai kapanpun oleh anak-anak kita. Sikap ketenangan, kebijaksanaan maupun keterburu-buruan yang kita lakukan akan berbuah seperti apa yang kita  tanam saat ini,sebagaimana pepatah mengatakan “ air jatuh tidak jauh dari  pelimpahannya “  artinya sikap yang ada pada orang tua akan terefleksi dan teraplikasikan pada setiap perbuatan anak-anak kita .

 

Baca Juga :