Google Siapkan Smartphone Lipat Bentuk Z?

Google Siapkan Smartphone Lipat Bentuk Z?

Google Siapkan Smartphone Lipat Bentuk Z

Tidak mau ketinggalan seperti smartphone lainnya,

Google juga dikabarkan sedang menyiapkan smartphone lipatnya.

Dilaporkan Android Authority, Google disebut-sebut sudah membuat paten untuk perangkat tersebut. Google membuat paten WIPO dengan nama “Foldable Display Neutral Axis Management With Thin, High Modulus Layer” dengan nomor registrasi US20180356859.

Berdasarkan gambar-gambar yang disediakan, Google akan memakai rancangan lipat berbentuk cangkang kerang.Gambar paten Google menunjukkan mereka menyiapkan lipatan berbentuk “Z”.

Google mengakui akan sulit membuat lipatan Z, namun mereka

menyatakan sudah memiliki solusi agar tablet dapat dilipat menjadi ponsel dengan cara tersebut.

Abstrak paten tersebut menyebutkan layar lipat (foldable display) memakai panel OLED.

Meski begitu, tidak ada kejelasan apakah Google akan benar-benar merealisasikan desain dari paten tersebut atau tidak, mengingat ketahanan layar dari perangkat yang dapat dilipat masih menjadi tanda tanya besar.

Samsung sendiri mengatakan bahwa Galaxy Fold miliknya mampu bertahan

dengan ratusan ribu lipatan, sementara itu produsen Gorilla Glass Corning sedang mengembangkan layar kaca yang dapat dilipat dan diharapkan akan lebih tahan lama daripada plastik.

Menariknya, dalam paten tersebut Google bahkan tidak menyebutkan kata “smartphone” sekalipun. Paten tersebut lebih merujuk pada “perangkat komputasi modern”. Dengan kata lain, perangkat layar lipat tersebut mungkin bisa berbentuk smartphone, tablet, atau bahkan laptop.

 

Baca Juga :