Mahulette Optimis SMPN 6 Lulus 100 Persen

Mahulette Optimis SMPN 6 Lulus 100 Persen

Mahulette Optimis SMPN 6 Lulus 100 Persen

Kepala SMP Negeri 6 Ambon Drs. Jan Mahulette, M.M.Pd katakan, Ujian Nasional (UN)

tingkat SMP se-Indonesia akan dilaksanakan Senin 4 Mei 2015, dan SMPN 6 Ambon prinsipnya siap untuk melaksanakan UN dengan baik.

Jumlah siswa peserta UN pada SMPN 6 Ambon 386 siswa termasuk kelas akselerasi, dan para siswa peserta UN sudah dibekali dengan proses bimbingan yang dilaksanakan kurang lebih 6 bulan dari Oktober 2014 sampai Maret 2015.

Pelaksanaan bimbingan melalui beberapa kali try out, dan hasilnya mengalami kemajuan

yang signifikan (meningkat), “kata Mahulette.

Hasil try out yang meningkat ini menggambarkan bahwa siswa pada SMPN 6 Ambon tidak kaget lagi saat mengikuti UN nanti, karena sejumlah referensi soal pada bank soal sudah dimengerti betul oleh siswa.

Para siswa SMPN 6 sudah siap menghadapi UN dan mereka akan mendapat nilai

yang terbaik dan lulus 100 persen.

Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan peluang dan kewenangan kepada sekolah untuk menentukan kelulusan, dan ini merupakan pergeseran paradigma yang positif karena sekolah yang membimbing, memberikan pembelajaran selama 3 tahun, sehingga sekolah lebih tahu perkembangan, kemampuan dan kekurangan siswa.

Sekolah mempunyai kewenangan untuk menentukan kelulusan dengan presentase nilai sekolah lebih besar dari pada nilai UN, meskipin demikian namun nilai UN sangat penting karena bisa mengukur kualitas sekolah, guru dan proses yang di bangun,”ucapnya.

UN penting untuk sebuah pemetaan dan sebagai kriteria bagi siswa untuk masuk pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi seperti SMA/SMK, karena sekolah penerima lulusan SMP akan menyeleksi hasil UN sesuai standar tertentu.

Tidak akan terjadi suka tidak suka terhadap penilaian kelulusan siswa pada SMPN 6 Ambon dan lembaga ini akan memberikan penilaian secara ilmiah dan objektif.

Mahulette berharap, kita harus berpikir logis, ilmiah dan objektif dalam menentukan kelulusan siswa, agar kedepan kita bisa hasilkan generasi yang berkuaklitas, bagi pembangunan daerah dan bangsa Indonesia.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/sejarah-danau-kelimutu/