Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Operasi

Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Operasi

Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Operasi

Keunggulan bersaing menunjukkan penciptaan sistem yang memiliki keunggulan khusus (unik) diatas pesaing. Keunggulan bersaing dalam Manajemen Operasi dapat diciptakan melalui tiga strategi : diferensiasi, biaya rendah dan respon cepat.

Bersaing dengan Diferensiasi

Diferensiasi adalah membedakan penawaran organisasi dalam berbagai cara yang akan dianggap sebagai nilai tambah oleh konsumen. Jadi diferensiasi adalah tentang bagaimana membuat keunikan.
Peluang menciptakan keunikan tidak berada pada kegiatan atau fungsi pokok perusahaan, tetapi dapat muncul dari apapun yang dilakukan perusahaan. Jadi diferensiasi dapat diciptakan pada setiap karakteristik fisik atau atribut pelayanan dari produk yang dihasilkan perusahaan yang berpengaruh pada nilai konsumen. Ini dapat berupa lini produk yang luas, fitur produk, atau pelayanan produk (seperti lokasi distribusi produk, deliveri produk atau jasa, reparasi).

Bersaing dengan Biaya

Low-cost leadership akan menghasilkan pencapaian nilai maksimum konsumen.
Strategi biaya rendah tidak berarti nilai rendah atau kualitas rendah.

Bersaing dengan Respon

Respon adalah suatu set nilai yang berhubungan dengan kemampuan dalam kecepatan, fleksibilitas, dan kehandalan.
Respon fleksibel dapat diartikan sebagai kemampuan mengantisipasi perubahan di pasar dalam hal inovasi rancangan dan fluktuasi jumlah produksi.
Respon handal dapat dilakukan dengan penjadwalan yang handal (reliable) dan hasilnya ditunjukan kepada konsumen sehingga konsumen akan percaya pada kemampuan perusahaan.
Respon kecepatan dapat berupa kecepatan dalam pengiriman produk kekonsumen atau kecepatan pengembangan produk.

Dalam praktek, ketiga konsep strategi ini-diferensiasi, biaya rendah dan respon- dapat diterjemahkan kedalam enam strategi khusus, yaitu:

1. Fleksibilitas dalam disain dan volume,
2. Harga rendah,
3. Pengiriman yang cepat,
4. Kualitas (kesesuaian dan kinerja)
5. Pelayanan purna jual, dan
6. Lini produk yang luas.

Sumber : https://pendidikan.co.id/