Performa Komputer dengan fitur Readyboost di Windows 7

Performa Komputer dengan fitur Readyboost di Windows 7

Performa Komputer dengan fitur Readyboost di Windows 7

Readyboost adalah

sebuah fitur dari windows (yang memungkinkan penggunannya dapat meningkatkan performa komputer dengan cara memanfaatkan ruang kosong pada flashdisk sebagai tempat untuk menampung proses sistem seperti halnya RAM komputer itu sendiri.

 

Perangkat lunak Windows ReadyBoost

memungkinkan komputer Anda berjalan lebih cepat.

Sebelum memulai menjalankan fitur ReadyBoost, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni USB flash drive harus berukuran antara 1 dan 3 kali lebih besar dari ukuran memori komputer Anda dan flash drive harus memiliki ruang kosong minimal 1 GB. Untuk hasil terbaik, gunakan flash drive yang memiliki ruang kosong setidaknya 3GB keatas.

 

Langkah-langkah untuk menggunakan Readyboost…

1. Sambungkan USB flash drive ke komputer/laptop Anda

2. Setelah USB flash drive disambungkan ke Komputer, kotak dialog AutoPlay akan tampil, lalu klik Speed up my system. (Jika kotak dialog AutoPlay tidak muncul, klik tombol Start button, lalu klik Computer. Setelah jendela Computer tampil, klik kanan pada ikon USB flash drive yang Anda sambungkan).

3. Jika Anda ingin menggunakan seluruh ruang kosong USB flash drive untuk ReadyBoost, klik Dedicate this device to ReadyBoost. Atau jika Anda ingin menggunakan sebagian perangkat untuk ReadyBoost, klik Use this device, lalu pilih ruang yang ingin digunakan untuk ReadyBoost dengan menyesuaikan Space to reserve for system speed.

4. Kemudian Klik OK. Tunggu sampai Windows 7 memproses pengaturan ReadyBoost hingga selesai.

Tetapi ingatlah bahwa ruang yang telah ditetapkan untuk ReadyBoost tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Jika Anda memilih Do not use this device., ruang perangkat yang kosong akan dipulihkan dan Anda dapat menyimpan data kembali.

Jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang rendah, maka ReadyBoost akan membuat kinerja Windows 7 kamu bertambah cepat. Jika komputer kamu memiliki spesifikasi diatas rata-rata maka kamu tidak akan begitu merasakan efek ReadyBoost.

Baca Juga