Tari Bali Dwipa Jaya Semarakkan Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-38

Tari Bali Dwipa Jaya Semarakkan Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-38

Tari Bali Dwipa Jaya Semarakkan Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-38

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

. Acara yang berlangsung di Taman Budaya Provinsi Bali ini menyuguhkan pementasan Tari Bali Dwipa Jaya sebagai penampilan pembuka. Mendikbud yang didampingi Gubenur Bali Made Mangku Pastika bersama warga Bali menyaksikan penampilan yang disajikan oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar tersebut.
Tari Bali Dwipa Jaya merupakan maskot dari Provinsi Bali yang secara rutin ditampilkan pada pembukaan penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali sejak 2012. Tari ini menceritakan tentang kebesaran dan kejayaan Pulau Dewata. Tari yang dirancang dan diciptakan oleh seniman dari ISI Denpasar tersebut merupakan ide dari Gubernur Bali Mangku Pastika.

Penari Bali Dwipa Jaya terdiri dari 12 orang wanita dan satu pria yang dengan lemah gemulai bercerita

lewat tarian. Seluruh area taman budaya seakan terhipnotis menyaksikan pergelaran tersebut.
Dengan mengusung tema Karang Awak, Pesta Kesenian Bali akan dibuka sebulan penuh hingga 9 Juli 2016. Mendikbud mengatakan, pesta kesenian ini tidak hanya terasa di Bali saja tapi juga di berbagai penjuru Indonesia.

“Dengan pesertanya yang juga berasal dari luar daerah bahkan luar negeri,

Bali tidak hanya menjadi kekayaan Indonesia, tapi juga dunia,” katanya saat memberikan pidato sambutan pembukaan PKB, di panggung Ardha Chandra Taman Budaya, Denpasar, Bali (11/06/2016) Sabtu malam.

Tari Bali Dwipa Jaya dan tabuh pengiring itu dipentaskan dengan durasi 15 menit, ditampilkan sebagai acara pembuka PKB setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

Sumber :

https://www.ayoksinau.com/