Tingkatkan Mutu Kualitas Pendidikan di Era Industri 4.0

Tingkatkan Mutu Kualitas Pendidikan di Era Industri 4.0

Tingkatkan Mutu Kualitas Pendidikan di Era Industri 4.0

Universitas BSI Bandung mewisuda sebanyak 753 orang Pascasarjana, Sarjana

dan Ahli Madya III di Harris Hotel & Convention Festival Citylink, Bandung, Kamis (13/12/2018). Wisuda ke-12 di 2018 ini, mengangkat tema Tren Perguruan Tinggi, Lapangan Kerja Baru dan Teknologi di Era Globalisasi.

Selain wisudawan, wisuda dihadiri langsung Anggota Yayasan BSI, Herman P Harsoyo, Ir Naba Aji Notoseputro, Rektor Universitas BSI Bandung, Dr Purwadhi, MPd dan Warek I Dr Hj Dwiza Riana, MM., M.Kom.

Rektor Universitas BSI Bandung, Dr Purwadhi, MPd mengatakan mengaku, sangat terharu sekaligus bahagia menyaksikan anak-anak didiknya melangsungkan prosesi tanda wisuda.
Sebanyak 753 wisudawan ini terdiri atas Pasca Sarjana 24 orang, Teknik Informatika 104 orang, Sistem Informasi 126 orang, Manajemen 128 orang, Akuntansi 70 orang, Fikom 94 orang, Fika 10 orang, DKV 38 orang, STP 20 orang dan D3 219 orang.

”Lulusan terbaik Pasca Sarjana program Magister Managemen kali ini diraih oleh Ayi Astuti

dengan Indek Prestasi Komulatif (IPK) 3,90, Sarjana (S1) fakultas Sistem Informasi oleh Sri Rahayu IPK 4.0, D3 Amik BSI Jurusan Sistem Informasi Akuntansi, Annisa Eka Pratiwi IPK 3,94, D3 ASM BSI Jurusan Administrasi Perkantoran oleh Ade Ira Firdayanti IPK 3,91, D3 AKPAR BSI Jurusan Perkantoran oleh Topan Taufik Faturochman IPK 3,72 dan Sarjana (S1) STP Ars International Jurusan Manajemen Pariwisata oleh Wigati IPK 3,90,” paparnya bangga.

Seluruh mahasiswa yang diwisuda kali ini, katanya, telah banyak yang bekerja mencapai 35 persen. Tak sedikit pula yang telah membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain atau wirausaha. Di Universitas BSI ini, terdapat BSI Entrepreneur Center (BEC) dan BSI Career Center (BCC). Dimana para mahasiswa dan alumninya selalu didorong, dimotivasi, diberikan inspirasi, difasilitasi dan dilatih agar para mahasiswa bisa menjadi pengusaha muda atau wirausahawan baru.

”Alhamdulillah selain itu juga, kami mempunyai lembaga khusus yang berfungsi sebagai penghubung

antara alumni dengan dunia kerja dalam ketenagakerjaan. Hingga saat ini BCC ini telah menjalin kerjasama dengan ribuan perusahaan maupun instansi. Sehingga lulusan kami dapat dengan cepat memperoleh pekerjaan ataupun membuka lapangan pekerjaan baru,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam era industri 4.0 ini tantangan dan persaingan makin tajam. Pihaknya selalu berupaya untuk meningkatkan mutu kualitas pendidikan dan mengarahkan para mahasiswanya untuk mengasah skill. Diinternal pihaknya juga terus meningkatkan kompetensi para dosen. Hingga kini telah beberapa dosen yang telah menyelesaikan pendidikan di strata 3 dan di tingkat strata 2.

”Tak hanya dipendidikan formal, tapi sertifikasi keahlian juga telah dimiliki oleh para dosen BSI sesuai dengan kompetensinya. Kami juga sudah memiliki beberapa dosen yang punya sertifikasi assessor uji kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP),” tutur Purwadhi.

Pihaknya juga terus mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bagi para dosen dan mahasiswa bekerjasama dengan beberapa Universitas mancanegara. Hal ini dilakukan agar para dosen bisa melanjutkan studinya baik master maupun doktoralnya. (rie)

Baca Juga :